Rabu, 29 April 2015

TANGGUNG JAWAB



Tanggung jawab menurut saya adalah suatu kewajiban yang harus diterima dan dijalankan oleh seseorang yang didapat dari hasil perbuatannya sendiri. Tanggung jawab tidak hanya pada perbuatan, namun ada pula yang bersifat lisan.
Tanggung jawab yang saya lakukan misalnya adalah menjalankan sholat 5 waktu, meskipun saya baru mengenal islam, namun itu bukan alasan untuk saya meninggalkan sholat tersebut. Karena saya telah memilih islam, maka konsekuensi yang harus saya jalani adalah bertanggung jawab atas segala ibadah yang diwajibkan dalam islam.
Lalu contoh lain tanggung jawab saya adalah pada saat saya sma, saya mengalami kekalahan saat taruhan dengan teman sehingga saya rela tidak jajan selama beberapa hari untuk membayar hasil kekalahan saya, dan itu adalah contoh tanggung jawab yang saya alami di dalam hidup saya. Saya berusaha untuk menutup-nutupi hal tersebut dari orang tua saya karena saya sadar itu adalah suatu hal yang tercela, maka dari itu saya bertanggung jawab penuh atas sikap yang sudah saya perbuat.
Selain itu, tanggung jawab saya sebagai anak adalah menaati seluruh perintah orang tua saya, dan belajar dengan serius agar mendapat masa depan yang baik. Lalu tanggung jawab terhadap tuhan yaitu menjalankan semua perintahnya dan meninggalkan semua larangannya.
Maka dari itu dari usia belia, kita harus sedini mungkin belajar bertanggung jawab agar kita bisa melatih diri kita agar selalu menjadi pribadi yang lebih baik kedepannya.  Dan menurut saya semua tindakan kita akan mempunyai tanggung jawabnya masing-masing dan ini haruslah disikapi dengan sebaik-baiknya agar kita menjadi manusia yang bertanggung jawab.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar